Skip to content

Suplai Tercemar Air Laut

Oktober 29, 2007

GRESIK – Ratusan pelanggan di Kecamatan Dukun dan Sidayu mengeluhkan suplai air PDAM Gresik yang asin. Diduga, bahan baku air PDAM dari Bengawan Solo tercampur air laut sebelum sampai ke pelanggan. Keluhan pelanggan dua kecamatan tersebut melengkapi keluhan ribuan pelanggan di kawasan Gresik yang tidak bisa menikmati air PDAM selama 24 jam.

Menurut Robbah Madjid, 47, warga Desa Kalirejo, Kecamatan Sidayu, setiap musim kemarau, kualitas air PDAM yang disalurkan dari instalasi pengolah air (IPA) di Dukun selalu asin. “Karena asin, setiap digunakan mandi, rasanya melekat di badan. Kami mengharapkan PDAM tidak tinggal diam,” kata Madjid.

Keluhan senada dikemukakan Musyarofah, warga Sambogunung, Dukun. “Kalau bukan kemarau, airnya cukup bagus. Tapi, kalau kemarau, biasanya mulai Agustus, air sudah asin,” terangnya.

Saat dikonfirmasi, Kabag Humas Mighfar Syukur mewakili Direktur Utama PDAM Gresik Nurdin Saini mengakui bahwa kualitas air baku PDAM dari Bengawan Solo melalui IPA di Dukun memang sering tercemar air laut setiap musim kemarau datang.

“Memang, ada upaya mengatasi rembesan air laut dengan rencana membangun bendungan gerak di Desa Sukowati, Bungah, agar air laut tidak ke hulu. Tapi, itu butuh waktu panjang dan biaya tidak sedikit,” jelas Mighfar.

Problem lain, air laut ternyata tidak hanya masuk dari hilir atau muara sungai, tetapi juga dari sudetan Bengawan Solo di Lamongan. Air laut akan mengalir dari Bengawan Solo sampai ke Dukun.(wko)

5 Komentar leave one →
  1. Oktober 21, 2008 2:30 am

    buat pelanggan, nggak usah mengeluh……mungkin air asin itu masih kalian minum,,hehehe…kalo nggak minum air PDAM mas’ minum air sumur?hehe

  2. September 17, 2008 3:25 pm

    di tambah fasilitas Hot Spot Dunk……alon2 yg berpendidikan gt lhoo…..

  3. nadhif permalink
    Mei 17, 2008 12:38 am

    gak usah binggung masalah banyu cak…. lha kan sek ono dodolan banyu AQUA ta, nah iku ae digawe

  4. Desember 10, 2007 1:18 am

    Prosoku……yo nggak pisan-pisan….peng piro wae nek banyune PDAM iku wernone gak karuan…..salah metune wis ngincrit-ngincrit….Yo’ opo PDAM ojo mbangun instalasi saluran banyu tok..!!! sing paling penting sumber banyune yo di upaya’no……!!!

  5. Rizal Sasak permalink
    Oktober 29, 2007 5:18 am

    Yo pisan-pisan lak gak popo mas ngombe banyu asin….dianggep oralit wae…cek gak diare….
    ha…ha…ha…
    Tapi PDAM yo kudu mikiri iki, ojo mek seneng narik bayaran tok wae!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: