Skip to content

Industri dan Pencemaran

November 16, 2009

Adanya industrialisasi besar-besaran di Gresik lebih banyak disebabkan faktor geografis. Gresik terletak di sebelah kota Surabaya yang menjadi ibukota propinsi, yang sekarang sudah kesulit

pabrik

pencemaran udara gresik

an pemukiman. Di satu sisi Sidoarjo yang diprediksi menjadi wilayah pengembangan Surabaya mengalami stagnansi karena kasus lumpur Lapindo, jadinya ekspansi industri mengarah ke Gresik. Apalagi Gresik adalah daerah pinggiran, jadi bisa dibangun pelabuhan yang memudahkan akses transportasi dagang.

 

Akhirnya yang terjadi berbagai pabrik berdiri di Gresik. Gresik juga banyak memiliki kawasan industri: ada kawasan industri petrokimia, ada kawasan industri maspion, dan lain-lain. Tidak ada salahnya manusia membuat pabrik, bahkan itu adalah afek samping dari modernisasi. Namun yang harus diperhatikan adalah akibat pendirian pabrik itu terhadap kondisi lingkungan sekitar.

Pabrik harus melakukan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal). Bagaimana teknis pengelolaan limbah, pembuangan bahan sisa, penyediaan energi dan sebagainya. Sehingga jika semua itu diperhatikan maka pabrik bisa menjadi ramah lingkungan, atau banyak dikenal dengan istilah Green Company.

Sudah banyak warga Gresik mengeluh dengan kondisi kesehatan lingkungan yang kritis. Misalnya saja kondisi udara yang sangat tercemar, pencemaran pantai, sungai dan areal pertanian. Sudah selayaknya pembangunan di Gresik ini memproteksi lingkungan dari pencemaran akibat industrialisasi. []

One Comment leave one →
  1. Desember 16, 2009 6:45 pm

    proteksi iku iso karo kebijakan pemerintah daerah, tapi opoyo wis ono kebijakan iku, nek wes ono, opoyo dikawal kebijakan iku.

    uakeh kebijakan sing gak dikawal pelaksanaane, cuman kanggo duwe-duwean tok.

    mahasiswane, sing diharapno kritis, yo melok mlempem, nek demo yo agenda aksine ora jelas, orasi gratul-gratul, terus piye iki.

    yo, ayo kabeh bareng2 ndandani dimulai teko awake dewe sek, terus keluarga terus sampek bupatine, ojo ngarepno perubahan dari atas, sebeb mereka saat ini belum bisa diharapkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: