Skip to content

Bupati Baru, Persoalan Lama

Oktober 5, 2010

Terpilihnya Sambari sebagai bupati baru Gresik menggantikan Robbach Maksum dinilai positif oleh banyak pihak. Banyak kalangan menilai terpilihnya Sambari bakal menjadi titik baru perjalanan pemerintahan Gresik yang lebih baik. Namun bagaimanapun, kepemimpinan periode sebelumnya dalam kenyataan sudah banyak menyebabkan tata kelola pemerintahan yang tidak baik, ini artinya ada struktur dan suprastruktur yang tidak baik pula yang sudah terbangun. Sanggupkah Sambari memperbaiki keadaan?

Gresik dikenal sebagai kota industri. Ada ratusan kalau bukan ribuan pabrik dan industri skala menengah beroperasi di Gresik ini, belum lagi Gresik punya beberapa pelabuhan dan sentra niaga. Namun Pendapatan Asli Daerah (PAD) Gresik tidak memuaskan, bahkan anggaran pemerintahan selalu defisit. Ini menunjukkan adanya persoalan di bidang pengelolaan keuangan daerah.

Di bidang pendidikan, sudah bukan rahasia lagi jika terjadi diskriminasi terhadap golongan tertentu dalam distribusi bantuan pendidikan. Ada institusi-institusi tertentu yang mendapatkan bantuan lebih banyak dari yang lain. Bahkan bagi beberapa golongan, Dinas pendidikan dinilai banyak mempersulit. Misalnya saja undangan dan permintaan menyerahkan proposal jika ingin dapat bantuan selalu datang satu hari menjelang deadline.

Di bidang budaya, Gresik yang notabenenya secara Geografis sangat memungkinkan tumbuhnya multikultural dirasa tidak mengakomodir berkembangnya budaya–dan seni. Banyak kebudayaan dan kesenian asli Gresik yang tidak diperhatikan eksistensinya. Juga banyak bangunan dan benda cagar budaya yang tidak dirawat sehingga banyak yang berubah bentuk dan fungsi.

Tentu masih banyak persoalan warisan pemerintahan sebelumnya. Sanggupkan Sambari memperbaiki pola dan tata pemerintahan Gresik dan mensejahterahkan warganya? kita tunggu saja.

2 Komentar leave one →
  1. wak timo permalink
    Agustus 10, 2012 6:20 am

    semua sama saja….

  2. cah permalink
    Desember 22, 2010 8:53 am

    Kampung ku nasibmu belum juga berubah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: